Apa Saja Yang Perlu Di Cek Saat Service AC?

AC adalah sebuah produk elektronik yang juga harus dirawat, agar tetap awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Seperti diketahui AC merupakan barang yang harganya tidak murah, maka untuk membuatnya tahan lama Anda harus melakukan maintenance supaya kinerja AC tetap optimal dalam mendinginkan ruangan.

Ketika Anda memanggil tukang service AC maka tukang servis akan melakukan kegiatan rutin, untuk mengecek beberapa hal yang ada pada komponen AC. Apa saja yang dilakukan tukang servis AC?

Pengecekan AC dengan Service AC

Ketika dilakukan maintenance pada AC secara berkala tentu saja AC di rumah akan bekerja secara optimal. Berikut beberapa pengecekan yang biasanya dilakukan oleh tukang servis AC.

1. Kelistrikan

Tentu saja kelistrikan di sini adalah listrik pada bagian AC. Di mana untuk mengontrol masalah kelistrikan sangat penting, seperti misalnya memastikan apakah ada kabel yang longgar atau tidak ataupun ada kabel yang mengalami robek sehingga bisa menyebabkan arus pendek yang tentu saja cukup berbahaya.

Ketika kelistrikan mengalami masalah, maka bisa terjadi korsleting yang bisa merusak AC dan secara keseluruhan bahkan bisa menyebabkan kebakaran di rumah anda. Petugas service AC profesional pasti menggunakan lapisan non konduksi untuk dipasang pada bagian control listrik. Gunanya adalah untuk mencegah potensi korsleting pada AC. Biasanya tukang AC juga akan mengecek bagian terminal listrik 1 per 1.

2. Refrigerant

Setelah melakukan pengecekan pada kelistrikan maka tukang servis biasanya berpindah ke bagian refrigrant. Bagian refrigerant ini disebut juga freon namun tentu saja tidak semua AC pakai freon. Kegiatan pengecekan refrigerant ini untuk mengetahui apakah udara AC masih tetap dingin atau sudah berkurang.

Biasanya tukang AC juga akan mengecek kebocoran refrigeran, karena jika terjadi kebocoran maka harus dilakukan perbaikan ataupun penggantian. Kebocoran refrigeran bisa membuat penghirupnya sakit karena refrigeran mengandung senyawa berbahaya.

3. Sistem AC

Tukang servis biasanya juga melakukan pengecekan pada sistem AC. Pengecekan ini agar bisa diketahui apakah komponen AC masih bekerja maksimal atau ada yang bocor sehingga bisa menyebabkan air pada AC akan merembes.

Pengecekan sistem AC ini sangat penting agar kerusakan tidak merembet ke bagian lain yang bisa dideteksi sejak dini karena bila terlambat maka kerusakan akan semakin sulit diatasi dan semakin mahal biaya perbaikannya.

4. Mesin AC

Yang terakhir pengecekan juga dilakukan pada bagian mesin AC. Pengecekan akan dilakukan mulai dari motor penggerak kipas, belt dan juga karet dan lain-lain. Semua komponen yang mengalami aus atau terlalu kencang maka harus diganti ataupun diperbaiki.

Bahkan biasanya tukang service AC juga meneteskan oli ataupun pelumas ke bagian AC tertentu, untuk membuat kinerja mesin pada AC jauh lebih optimal.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja yang maintenance yang dilakukan oleh tukang service AC dalam perawatan AC di rumah. Bagi Anda yang sedang cari tukang servis AC terbaik maka bisa pakai Sejasa. Adapun platform jasa ini dapat membantu anda untuk menemukan tukang servis AC terdekat dari rumah sesuai dengan layanan yang dibutuhkan.

Bahkan jika sedang membutuhkan tukang cuci AC terdekat, layanan ini akan membantu anda untuk menemukan lokasi tukang servis paling dekat dengan hunian. Untuk biaya yang dipatok pada servis ataupun cuci AC sangat terjangkau mulai dari 75 ribuan saja. Harga yang ditawarkan sudah pasti harga terstandarisasi dan Sejasa merupakan penyedia jasa terverifikasi sehingga layanannya sudah pasti aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *