Bagaimana Cara Memperbaiki SmartCast tidak Bekerja di Vizio?

SmartCast di Vizio Smart TV memiliki akses ke Chromecast dan AirPlay. Tanpa SmartCast, tidak mungkin mengakses aplikasi dan layanan streaming lain yang tersedia di Vizio TV Anda. Tetapi karena pabriknya, Anda mungkin menemukan SmartCast tidak berfungsi di Vizio. Anda mungkin menemukan notifikasi “SmartCast TV Tidak Tersedia” di layar TV Vizio Anda. Pada artikel ini, saya akan memberi Anda informasi tentang Cara Memperbaiki SmartCast tidak Berfungsi pada masalah TV Vizio dengan langkah cepat dan sederhana.

Mengapa SmartCast tidak berfungsi di Vizio?

tv pintar vizio

Saat Anda sedang menonton hiburan favorit Anda di Vizio TV, dan tiba-tiba layar menjadi gelap, ini mungkin karena beberapa alasan. Fakta utama untuk SmartCast tidak Berfungsi di Vizio adalah koneksi internet atau Jaringan WiFi. Terkadang karena gangguan yang muncul di Vizio Smart TV dan kabel yang terhubung longgar ke TV atau port lain. Anda dapat membuat beberapa perubahan pada Vizio TV agar SmartCast berfungsi kembali. Cari tahu metode dan langkah-langkah yang dapat Anda gunakan agar SmartCast berfungsi di Vizio TV Anda dengan melanjutkan artikel ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki SmartCast tidak Bekerja di Vizio?

smartcast tidak berfungsi di Vizio

Mengetahui penyebab SmartCast tidak berfungsi di Vizio, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan menyelesaikan penyebabnya. Untuk melakukannya, Anda perlu melakukan perubahan di dalam Vizio TV dan di router WiFi serta perangkat pendukung lainnya. Hal-hal yang dapat Anda lakukan antara lain power cycle, aktifkan pengaturan DHCP, factory reset, dan lain-lain. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dan buat SmartCast berfungsi kembali di Vizio TV Anda.

Periksa Koneksi Internet:

Anda harus memastikan Vizio TV Anda terhubung ke Internet atau tidak. Karena saat tidak ada akses internet, SamrtCast di Vizio TV tidak berfungsi. Anda dapat melakukan pengujian jaringan sederhana dan menghubungkan Vizio TV ke koneksi internet apa pun seperti jaringan WiFi atau hotspot seluler.

  • Tekan tombol Menu pada remote Vizio Anda dan buka Jaringan.
  • Dari Jaringan yang tersedia, pilih Jaringan yang Anda inginkan dengan menyorotnya dan menekan OK pada remote.
  • Masukkan kata sandi yang benar saat Anda diminta.
  • Kembali ke Jaringan dan pilih Uji Jaringan atau Uji Opsi Koneksi.
  • Jika Jaringan gagal dalam pengujian, Anda dapat terhubung ke penyedia internet yang berbeda.
  • Pastikan Jaringan yang Anda sambungkan memiliki lalu lintas yang sangat sedikit.

Terkadang Anda dapat menemukan Vizio Smart TV Remote Tidak Berfungsi; jika Anda menghadapi masalah ini, klik tautannya dan pelajari prosedur untuk memperbaikinya.

Siklus Daya Vizio SmartCast TV:

Gangguan dan bug yang muncul di Vizio TV Anda dapat membuat SmartCast tidak berfungsi. Dalam kasus seperti itu, Anda perlu melakukan siklus daya dengan menggunakan opsi siklus daya lunak di dalam Vizio TV Anda atau dengan menggunakan metode manual. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di sini untuk menghidupkan kembali TV Vizio Anda,

  • Buka menu Vizio SmartCast TV dan pindah ke opsi Sistem.
  • Sekarang pilih pengaturan TV dan pilih Reset & Admin dari menu pop-up.
  • Ketuk opsi Soft Power Cycle untuk mematikan router WiFi Anda.

Jika ini tidak berhasil, Anda dapat melakukan siklus daya manual ke TV Vizio Anda dengan langkah-langkah berikut,

  • Matikan daya untuk TV Vizio Anda dan cabut kabel yang terhubung ke pembangkit tenaga listrik.
  • Sekarang tekan dan tahan tombol daya di TV Vizio Anda selama beberapa waktu dan lepaskan.
  • Sambungkan kembali semua kabel ke tempat asalnya dan nyalakan TV Anda.

Dengan ini, Anda telah menghapus gangguan dan memperbaiki SmartCast yang tidak berfungsi di Vizio. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat beralih ke metode lain.

Perbarui Vizio SmartCast TV:

Menggunakan perangkat lunak lama dan kedaluwarsa untuk Vizio SmartCast TV dapat menyebabkan kesalahan atau membuat SmartCast tidak berfungsi di Vizio TV. Vizio TV menyediakan pembaruan secara berkala, dan Anda perlu memperbaruinya terus-menerus untuk pengoperasian yang mulus. Untuk melakukan pembaruan perangkat lunak pada SmartCast TV Anda, ikuti langkah-langkah yang diberikan,

  • Di Vizio TV Anda, buka Pengaturannya.
  • Sekarang pindah ke opsi Sistem dan pilih Pembaruan Sistem.
  • Jika TV Anda tidak dalam versi terbaru, Anda dapat melihat opsi Pembaruan Baru Tersedia.
  • Sekarang ketuk Instal dan Perbarui Sistem dan tunggu sampai selesai, dan buat TV Anda restart.

Sebagian besar waktu, Vizio TV melakukan pembaruan secara otomatis. Dengan perangkat lunak yang diperbarui, Anda dapat menemukan SmartCast berfungsi dengan baik di TV Vizio Anda.

Ubah Pengaturan DHCP:

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) memberikan alamat IP untuk perangkat di jaringan dan membantu mencegah masalah koneksi. Ada kalanya DHCP tidak memberikan alamat IP kepada SmartCast dan menindaklanjuti dengan kesalahan yang menyebabkan SmartCast tidak berfungsi di Vizio. Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengatur ulang pengaturan DHCP dengan langkah-langkah berikut,

  • Putuskan sambungan jaringan apa pun yang terhubung ke Vizio TV dan matikan.
  • Buka browser web di PC Anda dan masukkan URL Router Anda.
  • Masukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda untuk membuka halaman pengaturan router.
  • Buka menu pengaturan Server DHCP dan pilih Aktifkan.
  • Jika sudah diaktifkan, Anda dapat menonaktifkan dan mengaktifkan kembali server DHCP.
  • Simpan pengaturan dan tutup.
  • Nyalakan Vizio SmartCast TV Anda, dan Anda dapat menemukannya berfungsi dengan baik.

Jika Anda masih mendapatkan pesan SmartCast TV Not Available, maka satu-satunya pilihan untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan reset pabrik.

Atur Ulang Pabrik Vizio SmartCast TV:

Saat Anda melakukan Reset Pabrik di Vizio TV Anda, semua pengaturan khusus akan dihapus. TV Anda akan menjadi segar seperti saat Anda membelinya. Reset Pabrik harus dianggap sebagai upaya terakhir setelah mencoba semua metode yang disediakan di atas. Ikuti langkah-langkah untuk melakukan reset pabrik pada Vizio SmartCast TV Anda.

  • Gunakan remote TV Vizio Anda dan tekan tombol Menu.
  • Arahkan ke opsi Reset & Admin dan pilih opsi Reset ke Pengaturan Pabrik.
  • Pilih opsi Reset untuk menyelesaikan prosedur Factory Reset.

Setelah ini, Anda dapat menemukan SmartCast berfungsi dengan baik di Vizio TV Anda. Anda dapat mengambil foto dari pengaturan khusus Anda sebelum melakukan Factory Reset untuk mengembalikannya secara manual nanti.

TAMAT

Nikmati menonton acara favorit Anda di layar lebar Vizo TV dan bersenang-senanglah. Bahkan setelah reset Pabrik, jika SmartCast tidak berfungsi di Vizio TV, silakan hubungi nomor layanan pelanggan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. Anda bisa mendapatkan nomor layanan pelanggan dari situs resmi Vizio. Jika Anda memiliki garansi untuk Vizio TV, Anda dapat mengklaimnya dan mendapatkan Vizio SmartCast TV baru.

Pertanyaan yang Sering Diajukan:

Apakah Vizio memiliki Aplikasi?

Ya, Vizio memiliki WatchFree+ dan Vizio Mobile. Dengan Vizio Mobile, Anda dapat mengontrol Vizio TV Anda dengan fitur jarak jauh yang ditawarkannya. Anda dapat menonton saluran olahraga, berita, film gratis, dan lainnya secara gratis menggunakan aplikasi WatchFree+.

Bisakah saya mentransmisikan perangkat saya ke Vizio TV?

Ya, dengan fitur AirPlay dan Chromecast yang tersedia di SmartCast di Vizio TV, Anda dapat mentransmisikan semua perangkat Android, Google, dan Apple Anda. Ini dapat dilakukan untuk aplikasi yang tidak tersedia di Vizio App Store.